komunal_horzSistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal (PLTS-Terpusat) merupakan sistem pembangkit listrik alternatif untuk daerah-daerah terpencil/pedesaan yang tidak terjangkau oleh jaringan PLN. Sistem PLTS Komunal ini yang mengandalkan energi matahari sebagai sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian photovoltaic module untuk menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum Konfigurasi PLTS Sistem Komunal dapat dilihat seperti terlihat blok diagram dibawah:

 

blank

pic source: http://www.theresearchpedia.com/research-articles/what-are-solar-farms

 

Prinsip Kerja Pembangkit

Prinsip Kerja PLTS Sistem Komunal dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Pada PLTS Sistem Komunal ini, sumber energi energi listrik yang dihasilkan oleh Modul Surya (PV) pada siang hari akan disimpan dalam baterai. Proses pengisian energi listrik dari PV ke baterai diatur oleh Solar Charge kontroler agar tidak terjadi over charge. Besar energi yang dihasilkan oleh PV sangat tergantung kepada intensitas penyinaran matahari yang diterima oleh PV dan efisiensi cell. Intensitas matahari maksimum mencapai 1000 Watt/m2, dengan efisiensi cell 14% maka daya yang dapat dihasilkan oleh PV adalah sebesar 140 Watt/m2.

2. Selanjutnya energi yang tersimpan dalam baterai digunakan untuk menyuplai beban melalui Inverter saat dibutuhkan. Inverter mengubah tegangan DC pada sisi baterai menjadi tegangan AC pada sisi beban.

3. Jaringan Distribusi diperlukan untuk mengalirkan/mendistribusikan energi listrik ke penduduk desa

 

The solar plant constructed recently in Lo Manthang VDC of Upper Mustang by Chinese government.

pic source: http://myrepublica.com/